MEMORI SEBAGAI MEDIA PERANGKAT

MEMORI SEBAGAI MEDIA PERANGKAT - Menurut jenisnya ada dua  macam memori, yaitu RAM(Random Access Memory) dan ROM ( Read Only Memory ). Pengertian RAM menggambarkan tentang cara kerja chip tersebut yang dapat di akses secara acak (random), tidak tergantung dari urutan alamat lokasi memori yang ada. data dan program bisa menetap dalam memory sampai ada instruksi penghapusan atau penindihan oleh program lain.data yang tersimpan dalam memory bisa hilang jika sumber catu daya putus (komputer mati), sehingga memmori tergantung pada catu daya. RAM sangat cocok untuk wadah penempatan data sementara, baik yang akan maupun telah selesai diolah, sebelum data tersebut dikirim ke tempat lain. RAM juga berfungsi untuk memuat program program yang sedang aktif.

ROM tidak dapat ditulisi tapi hanya bisa di baca. data data yang ada di dalam chip ROM sudah terprogram sebelumnya oleh pabrik pembuatnya sebelum di pasangkan ke dalam komputer, program ini tidak akan hilang meskipun catu daya listrik putus. dengan demikian ROM hanya cocok digunakan sebagai media penampungan data secara statis. contoh pengaplikasian ROM adalah pada chip ROM BIOS (basic, input, output, system) pada komputer.

Gambar



penggunaan chip memori merupakan suatu keharusan karena tanpa memori sebuah unit  komputer tidak bisa bekerja .Besar kecilnya jumlah kapasitas memori dalam komputer juga menjadi begitu penting dan menentukan tingkat kecanggihan bentuk kerja komputer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMORI SEBAGAI MEDIA PERANGKAT"

Posting Komentar

Silahkan Komentar Yang Baik Dan Bermanfaat